kebijakan perpajakan di negara amerika serikat

KEBIJAKAN PERPAJAKAN DI AMERIKA SERIKAT



Disusun Oleh :
Nama : Anak Agung Komang Nadia IL
                                       NIM    : 162020100049 / AP-A1

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Prodi Ilmu Administrasi Negara
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo




BAB I
PENDAHULUAN
Latar belakang
            Pajak adalah salah satu sumber penerimaan negara yang sangat penting untuk menjalankan pemerintahan dan pembiayaan pembangunan. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila negara-negara di dunia berusaha mengoptimalkan penerimaan negara melalui sektor pajak. Begitupun di Amerika Serikat, Amerika serikat merupakan sebuah republik federal dengan pemerintah negara bagian otonom. Pajak yang dikenakan di Amerika serikat pada masing-masing tingkatan yaitu pajak penghasilan, properti, penjualan, impor, penggajian, perkebunan dan berbagai biaya. Perpajakan di AS sendiri  pertama kali dikenal di  New Plymouth pada tahun 1643, dimana dasar pengenaan pajak adalah “ A person’s faculty, personal faculties and abilitites” pada tahun 1646.

Rumusan Masalah
1. Bagaimana Kebijakan perpajakan di Amerika Serikat?
            2. Apa saja jenis-Jenis pajak di amerika serikat?
            3. Bagaimana kebijakan presiden AS tentang Pajak di negara tersebut?
            4. Perbedaan sistem pajak Di Indonesia dan di Amerika serikat?
Tujuan
            Tujuan dari tugas ini adalah memberitahu kepada siswa untuk mengenal dan mengetahui sistem perpajakan yang ada di luar negeri yaitu tepatnya di negara Amerika Serikat. Dengan adanya tugas ini siswa dapat lebih mengerti dan kreatif terhadap pajak yang ada dinegara lain.

BAB II
PEMBAHASAN

Kebijakan Perpajakan di Negara Amerka Serikat
Amerika Serikat adalah sebuah Republik Federal dengan pemerintah negara bagian dan lokal otonom.  Pajak yang dikenakan di Amerika Serikat ini termasuk pajak atas penghasilan, properti, impor, penggajian, perkebunan dan hadiah. Serta berbagai biaya.
Pajak yang dikenakan atas penghasilan bersih individu dan korporasi oleh negara, federal paling,dan beberapa pemerintah daerah. Penduduk adalah pajak atas penghasilan di seluruh dunia dandiperbolehkan suatu kredit pajak asing. Penghasilan kena pajak ditentukan berdasarkan peraturan pajak, bukan prinsip-prinsip akuntansi, dan mencakup hampir semua pendapatan dari sumberapapun. Pengeluaran bisnis yang  paling mengurangi penghasilan kena pajak, meskipun batas berlaku untuk beberapa pengeluaran. Individu diizinkan untuk mengurangi penghasilan kena pajak oleh tunjangan pribadi dan pengeluaran non-bisnis tertentu, termasuk pajak bunga hipotek rumah,  negara bagian dan lokal,  sumbangan amal, dan biaya lainnya yang dikeluarkan medis dan tertentu di atas persentase tertentu dari pendapatan.  Negara aturan untuk menentukan penghasilan kena pajak seringkali berbeda dari peraturan federal. Tarif  pajak  federal bervariasi dari 15% sampai 35% dari penghasilan kena pajak.  Negara bagian dan lokal tarif  pajak bervariasi oleh yurisdiksi, dan banyak yang lulus. Pajak negara umumnya diperlakukan sebagai biaya dikurangkan untuk perhitungan pajak federal. Pajak alternatif  tertentu mungkin berlaku.
Konsep-konsep dasar pajak penghasilan
Penghasilan Amerika Serikat sistem pajaknya mengenakan pajak berdasarkan pendapatan pada individu, perusahaan, perkebunan dan trust. Pajak adalah penghasilan kena pajak seperti yang didefinisikan, kali tarif pajak yang ditentukan pajak ini dapat dikurangi dengan kredit. Pajak ini dapat dikembalikan jika mereka melebihi pajak yang dihitung. Penghasilan kena pajak dapat berbeda dari pendapatan untuk tujuan lain seperti (untuk pelaporan keuangan). Penghasilan Amerika Serikat sistem pajak mengenakan pajak berdasarkan pendapatan pada individu.
Cara menghitung Pajak Penghasilan karyawan di Amerika Serikat
Perusahaan mempunyai kewajiban untuk menghitung gaji karyawannya dengan akurat. Kesalahan perhitungan dapat menyebabkan gaji karyawan dipotong terlalu banyak untuk pajak, jaminan sosial, biaya kesehatan atau perawatan medis, dan potongan lainnya yang membuat mereka tidak nyaman saat perhitungan pajak tahunan. Kesalahan perhitungan juga dapat menyebabkan perusahaan ditinjau oleh instansi pemerintah seperti dinas perpajakan dan mungkin mendapatkan denda.
Sebelum mulai menghitung gaji karyawan, anda harus mengetahui gaji kotor karyawan. Besarnya dihitung dengan mengalikan jumlah jam kerja dalam periode waktu penggajian dengan tarif per jam. Misalnya, jika seorang karyawan bekerja selama 40jam dalam periode penggajian dan tarifnya adalah $15 (200 ribu rupiah) per jam,  anda akan mengalikan 40 dengan $15 (200 ribu rupiah) untuk mendapatkan gaji kotor sejumlah $600 (6 juta rupiah).

 Pajak gaji yang dikenakan oleh federal dan semua pemerintah negara. Ini termasuk Jaminan Sosial dan Medicare pajak yang dikenakan pada kedua majikan dan karyawan, pada tingkat gabungan dari 15,3% (13,3% untuk 2011). Pajak Jaminan Sosial hanya berlaku untuk pertama $106.800 dari upah pada 2009 sampai 2011. Pengusaha juga harus memotong pajak pendapatan upah. Pajak pengangguran dan pungutan lainnya tertentu berlaku.
Pajak properti yang dikenakan oleh kebanyakan pemerintah daerah dan banyak otoritas tujuan khusus berdasarkan nilai pasar wajar properti. Sekolah dan pihak berwenang lainnya sering secara terpisah diatur, dan memaksakan pajak yang terpisah. Pajak properti umumnya dikenakan hanya pada perumahan, meskipun beberapa pajak yurisdiksi beberapa bentuk bisnis properti. Peraturan pajak properti dan tarif sangat bervariasi.
Pajak penjualan dikenakan pada harga pada penjualan eceran berbagai barang dan beberapa layanan oleh sebagian besar negara dan beberapa daerah. Penjualan tarif pajak bervariasi antar yurisdiksi, dari 0% sampai 16%, dan dapat bervariasi dalam suatu yurisdiksi yang didasarkan pada barang tertentu atau jasa dikenakan pajak. Pajak penjualan dikumpulkan oleh penjual padasaat penjualan, atau dikirimkan sebagai pajak digunakan oleh pembeli barang kena pajak yangtidak membayar pajak penjualan. Amerika Serikat mengenakan tarif atau biaya masuk atas impor berbagai jenis barang dari banyak yurisdiksi. Pajak ini harus dibayar sebelum barang dapat diimpor secara sah. Tarif tugas bervariasi dari 0% menjadi lebih dari 20%, berdasarkan barang-barang tertentu dan negara asal.
Pajak Perumahan dan Hadiah dikenakan oleh pemerintah federal dan beberapa negara bagian mengenai pengalihan warisan propert, melalui surat wasiat atau dengan sumbangan seumur hidup. Serupa dengan pajak pendapatan federal, pajak federal dan pajak hadiah dikenakan pada properti warga negara di seluruh dunia dan penduduk dapat memungkinkan kredit untuk pajak asing.

KEBIJAKAN PAJAK OLEH DONALD TRUMP
Donald Trump yang merupakan presiden Amerika Serikat (AS) ke-45 merupakan salah satu sosok yang kontroversional bagi dunia. Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Mr. Trump  ini ditujukan penuh untuk melindungi dan membanngkitkan kembali industri-industri di Amerika Serikat, sesuai slogannya : Make Americca Great Again.
Salah satu kebijakan Trump yang cukup menarik ialah kebijakan terkait memangkas pajak bagi para pengusaha di Amerika Serikat. Kebijakan pemangkasan pajak ini akan memberikan dampak yang besar bagi perekonomian Amerika Serikat. Berikut adalah kebijakan pemangkasan pajak yang diterapkan Donald Trump :

1. Pengurangan Pajak Besar-Besaran untuk Kalangan Menengah Kebawah
            Trump akan mengurangi pajak bagi pekerja yang berpenghasilan kurang dari US$250 ribu setahun, atau US$50 ribu setahun bagi pasangan yang menikah, sementara orang-orang kaya akan tetap membayar pajak sesuai aturan yang berlaku.
2. Pemangksan Pajak Korporasi
            Donald Trump berencana memangkas pajak korporasi dari 35% menjadi 15%. Trump juga melarang perusahaan untuk memindahkan ataupun menginvestasikan uangnya diluar negeri.  Trump menyatakan bahwa kebijakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan-perusahaan dalam negeri.
3. Tax Holiday
            Trump menawarkan keringanan pajak penghasilan (tax holiday). Program tax holiday akan dilakukan selama beberapa waktu dengan tujuan untuk membawa kembali uang korporasi diluar Amerika serikat yang diperkirakan berjumlah US$ 2,5 triliun.
4. Kenaikan Pajak Barang Impor
            Dari ketiga kebijakan pemangkasan pajak oleh Trump, ternyata Trump juga akan menaikkan pajak barang impor, pajak perbatasan dan pajak lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk menutup kerugian akibat pemangkasan pajak yang dilakukan di Amerika Serikat untuk perorangan dan korporasi.
Penerapan peningkatan pajak barang impor dilakukan karena jika Trump memangkas pajak dalam negeri tanpa menaikkan pajak lainnya, hal tersebut akan menyebabkan kerugian besar dari sisi pendapatan negara Amerika.
Mengingat ketatnya persaingan bisnis dan perekonomian negara Amerika yang masih stagnan, Trump menerapkan kebijakan pajak untuk memperbaiki iklim bisnis dan investasi di Amerika. Efek kebijakan pajak Trump ini akan berpengaruh terhadap negara-negara yang mengeskpor barang ke Amerika, seperti negara Jerman.
                     
PERBEDAAN PAJAK INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT
Baik di Indonesia maupun Amerika Serikat pajak ditarik dari berbagai aspek yaitu honor, gaji, pembelian barang, hadiah, kepemilikan properti dan lain sebagainya. Besarnya beragam tergantung pada kebijakan pemerintah. Dinegara Lowa, misalnya besaran pajak pembelian barang diluar makanan berbeda tiap kota. Di kota Lowa city pajaknya 6% sedangan dikota Coralville pajaknya hanya 5%.
Honor dan gaji dikenai dua jenis pajak yaitu federal (pemerintah pusat) dan state (negara bagian). Misalnya gajinya sekitar $1600 perbulan, akan dipotong pajak dan asuransi kesehatan, yang bersih diterima ialah sekitar $1200-1300. Uniknya, jumlah fluktuatif per bulannya, tergantung besaran pajak yang dipungut.
Di Indonesia, honor/gaji menjadi objek potongan pajak. Sekecil apapun besarnya, pasti kena pajak.
Yang membedakan antara sistem pajak di Indonesia dengan Amerika Serikat adalah tax return. Di Indonesia sejauh ini belum pernah mengisi ataupun mendengarnya. Mungkin, bentuknya lain bukan dalam bentuk uang melainkan dalam bentuk program semisal raskin, BOS untuk sekolah, dan sebagainya. Sedangkan di negara Amerika Serikat, setiap orang berhak mendapatkan tax return dan tax creedit, selama persyaratannya terpenuhi. Jenisnya cukup banyak ada tunjangan untuk pengasuh anak dari pajak, ada yang namanya earned income credit, dan lain-lain. 


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
            Kesimpulan yang dapat saya tarik dari tugas ini adalah bahwa sistem perpajakan di negara Amerika Serikat beragam jenisnya mulai dari pajak penghasilan atau pph, properti, impor, penggajian, perkebunan dan hadiah. Serta berbagai biaya. Tetapi baru-baru ini Presiden Amerika Serikat Donald Trump menerbitkan kebiijakan pemangkasan paket pajak penghasilan lebih murah untuk kalangan kebawah, memangkas pajak korporasi. Dan juga ada “pajak satu kali” untuk dana triliunan dollar di AS.

Daftar Pustaka
Accountingjakarta.blogspot.com
sg-redworld.blogspot.com




Komentar

  1. Pragmatic Play launches new mobile casino slot game - JTM Hub
    The online gaming firm, which is 제주 출장샵 part of 대구광역 출장마사지 the 전라북도 출장샵 PUBG brand, has launched its latest mobile casino game titled 'Gambling 경산 출장마사지 With Friends'. 창원 출장안마

    BalasHapus

Posting Komentar